Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara membuat website dengan blogger di hp

Cara membuat website dengan blogger di hp dengan mudah dan cepat. Bagi Kamu yang berencana membuat blog dengan blogger tapi masih pemula, modal minim hanya punya hp android, belum punya laptop, jangan khawatir. Karena, tipsjitu.com kali ini berbagi tips cara membuat website gratis berbasis blogger (blog dari google) versi gratisan. Walaupun versi gratis namun panduan ini lengkap, jadi suatu saat Kamu ingin lebih profesional dengan menggunakan nama top level domain (tld), Kamu tinggal beli domainnya saja, kemudian melakukan costumisasi pengarahan domain ke blog. Ini contoh website yang Saya buat dengan HP dan platform blogger. 

cara membuat website dengan blogger di hp

Dengan menyewa domain tld maka nama website mu akan lebih simpel, profesional dan mudah diingat, seperti nama domain yang Saya pakai. Keren kan? Contoh screenshot diatas juga sudah menggunakan domain dotcom. Jadi embel-embel blogspot.comnya hilang. 

Oke langsung aja ya ke tutorial membuat web dengan blogger di hp, artikel ini Saya buat karena Saya sering membuat website dengan hp, karena kesibukan sulit membuka laptop. Jadi, bukan berarti Saya tidak punya laptop ya... Hehe

 Cara membuat website dengan blogger di hp Android 

  1. Siapkan akun Google Mail/ Gmail. Untuk membuat website berbasis blogger Kamu hanya butuh Gmail, bikin dulu kalau belum punya akun Gmail. Kamu bisa baca artikel ini, cara bikin akun Gmail.
  2. Buka New Tab, Masuk Blogger. Kamu bisa ketik pada Google "blogger" pilih yang teratas, kemudian klik.

    Contohnya begini, atau Kamu bisa juga langsung ke alamat urlnya www.blogger.com. Oh iya, lihat gambar dibawah ini, kalau Kamu ketik via google munculnya seperti dibawah, klik aja yang paling atas.

  3. Pilih Buat Blog. Langkah selanjutnya adalah klik Buat Blog. 

      Klik aja pada seperti yang Saya lingkari hijau tersebut.
  4. Masuk/Pilih Gmail untuk akun Website.

      Jika Kamu memiliki beberapa akun gmail yang pernah login pada browsermu, maka tampilannya akan seperti di atas, jangan bingung, pilih saja gmailmu (yang akan Kamu buat akun website). Jika sudah lanjut...
  5. Masukkan Password kemudian pilih Berikutnya

    Itu contohnya ya mas bro, mbak bro. Jangan khawatir, ini aman kok,  kan Blogger anak perusahaannya Google. Jadi 100% aman.
  6. Pilih atau Buat Nama Blog (Judul)

    Nama yang ingin Kamu buat bebas, Saran Saya sih pendek dan mudah diingat aja. 

      Kalau sudah klik Berikutnya. Itu contohnya ada di atas ya...
  7. Pilih nama url blogmu. Pada bagian ini mungkin Kamu akan mengalami kesulitan, karena nama url yang Kamu inginkan sudah dipakai orang lain. Solusinya cari nama url lain, atau Kamu tambahin Namamu, atau tambahin saja angka di belakangnya misal angka 0001. 

    Kebetulan contohnya langsung dapet yang Saya inginkan. Kalau sudah klik berikutnya. Oh iya, maaf demi privasi Saya tutupi sebagian nama urlnya.
  8. Konfirmasi Nama Blog, klik Selesai. Langakah ini hanyalah Konfirmasi saja. Jika Kamu sudah yakin dengan nama blog yang Kamu bikin pada langkah nomor 6 silahkan langsung Konfirmasi dengan klik Selesai. 

      Tampilannya kurang lebih begitu ya, cuma beda nama aja. Klik Selesai.
  9. Selesai. Akun Website mu sudah berhasil dibuat. Namun ini masih langkah awal, website mu masih belum ada kontennya. Kamu harus menambahkan Page/Halaman, Membuat Menu dan menambahkan postingan. Setelah selesai biasanya tampilannya seperti ini. 

       Kalau seperti itu berarti sudah selesai langkah awal membuat website berbasis blogger ini. Kalau Kamu mau menambahkan postingan, halaman, mengganti template dll., Kamu klik saja gambar balok 3 yang ditumpuk, seperti ini lho...

      Klik aja pada bagian tersebut, kemudian akan muncul seperti ini. 

       Perhatikan baik-baik ya. Karena Kamu kedepannya akan akrab dengan setiap bagian pada Menu ini. YangbSaya lingkari hijau paling atas itu untuk membuat artikel baru. Ini yang sedang Kamu baca buatnya lewat situ. Lingkaran bawahnya warna merah itu isinya semua postingan/artikel, baik yang sudah dipublish maupun masih draft. Statistik menunjukkan berapa jumlah visitormu. Lompat ke Halaman, Halaman adalah yang tampil pada bagian Menu Websitemu, buat dulu halamannya baru diseting Menu dropdownnya. Tutorial membuat menu dropdown ada di Video ini, Klik DISINI. Kamu juga bisa mengatur Menu websitemu pada tata letak yang Saya kasih tanda centrang. Termasuk membuat Menu dropdown banyak template terbaru sudah suport. Kalau Kamu pengen tempelate yang bagus dan Premium, chat saya aja via WhatsApp. Saya akan bantu installkan, jangan khawatir, Saya telah dipercaya ratusan client, data-data mu aman. Nah bagian yang Saya lingkari merah selanjutnya "tema" itu adalah tempat untuk merubah tampilan website mu, hati-hati dalam hal ini ya, karena dapat menyebabkan error jika terjadi kesalahan. Jika Kamu mau tray and error mendingan bikin akun website baru lagi khusus tray and error. Lingkaran paling bawah adalah untuk melihat tampilan matang blog/website milikmu. 

 Oh iya, Saya membuat artikel ini juga dengan HP lho...  Ini bukti screenshotnya... Jadi gak ada alasan gak punya laptop untuk gak bisa bikin website.

 


 Bahkan, banyak website yang Saya buat hanya dengan HP saja. Berikut ini contoh website yang Saya buat dengan menggunakan HP Android. Mungkin sudah ratusan website / blog Saya buat dengan menghandalkan HP Android. Awalnya karena terpaksa mengedit dan membuat postingan baru memakai HP. Kemudian berlanjut ke setingan sederhana,  bahkan setingan-setingan tingkat lanjut yang sekiranya bisa memakai HP,  Saya pilih pakai HP, bukan berarti Saya tidak punya Laptop ya! Ini pilihan, karena HP lebih fleksibel saja.

 

Sekian dulu tutorial tips jitu kali ini, semoga Kamu bisa membuat website dengan bermodalkan HP terutama memakai blogger dan Wordpress. Kedua platform ini sangat cocok untuk Kamu oprek-oprek memakai HP.

Posting Komentar untuk "cara membuat website dengan blogger di hp"