Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Laptop untuk Pemula

Tips Membeli Laptop untuk Pemula atau first buyer. Mau beli laptop tapi bingung mau memilih merek apa? Bingung mau milih spesifikasi laptop yang bagaimana? Baru pertama kali mau beli laptop? Yuk baca tips jitu dalam memilih laptop untuk pemula sampai selesai, supaya tidak salah pilih. Kan sayang kalau salah pilih laptop, uang jutaan rupiah tidak sesuai kebutuhan.


Merek Laptop

 Ada orang yang berprinsip sebenernya merek tidaklah terlalu penting. Hal itu ada benarnya, karena yang terpenting adalah kualitas barang dan spesifikasinya. Namun, jangan sembarangan juga dalam memilih merek. Saran dari tips jitu, pilihlah merek yang sudah terkenal di pasaran. Selain itu, pilihlah merek yang berani memberikan garansi lebih lama, Asus misalnya. Asus memberikan garansi 2 tahun untuk hardware, suatu keuntungan untuk Kamu yang belum pernah membeli laptop. Setidaknya Kamu akan merasa aman dari kerusakan hardware selama 2 tahun, tentu selain dari kesalahan pengguna ya. Baiklah, berikut ini beberapa merek Laptop yang layak untuk Kamu pertimbangkan jika Kamu belum pernah membeli laptop sebelumnya.

  • Dell
  • Asus
  • HP (Hewlett-Packard)
  • Lenovo
  • Acer

Itulah beberapa merek laptop yang harganya tidak terlalu mahal dan cocok untuk pemula. Kenapa tips jitu tidak menyarankan merek Aple misalnya? Karena kurang cocok untuk pemula. Oke jelas ya... Bagi yang mau bertanya tentang merek-merek tersebut silahkan isi kolom komentar. 

Tentukan merek pilihanmu berdasarkan kebutuhan dan kualitas barang. Jangan menentukan berdasarkan gengsi atau malah berdasarkan katanya-katanya... 

Memilih merek yang tepat berkaitan erat nantinya dengan pelayanan after sale/ setelah pembelian. Misalanya pelayanan waktu klaim garansi, kecepatan respon dan penanganan klaim garansi atau troubel.

Kebutuhan dan Aplikasi yang akan digunakan

Hal penting kedua adalah memahami kebutuhan terhadap aplikasi yang akan digunakan dan di install pada laptop. Berbeda kebutuhan aplikasi yang akan digunakan, maka berbeda pula spesifikasi laptop yang akan dibeli. Maka dari itu, buatlah list, apa saja yang akan Kamu kerjakan dengan laptop, akan lebih baik jika Kamu juga mengetahui aplikasi yang dibutuhkan. 

Misalanya, Kamu butuh laptop sekedar untuk menulis skripsi dan mendengarkan musik, maka sebaiknya memilih laptop yang standart saja, jangan yang terlalu mahal, karena akan mubazir, tidak sesuai kebutuhanmu. Untuk hal tersebut, netbook 12inch sudah cukup, atau dual core processor sudah sangat mumpuni. Contoh lain, misalkan Kamu mahasiswa jurusan teknik sipil, butuh Laptop untuk menggambar desain 3 dimensi sebuah ruangan atau desain-desain 3 dimensi lainnya. Maka, laptop yang kamu butuhkan minimal adalah quad core processor dengan RAM 8Gb. 

Kamu sebaiknya membuat list lengkap kebutuhan terhadap laptopmu, kemudian konsultasikan dengan orang yang paham tentang laptop. Kamu juga dapat menanyakan pada penjual laptop tentang hal ini.

 Spesifikasi Laptop 

Setelah membuat list lengkap kebutuhanmu terhadap laptop yang akan dibeli, maka sebaiknya Kamu sedikit memahami spesifikasi laptop. Hal ini berguna supaya Kamu tidak salah beli, atau menghindari penjual yang kurang jujur dan salah mengarahkan. 

Pelajari istilah-istilah dalam dunia komputer,  seperti CPU, RAM, Motherboard/Mainboard, GPU, Dual Core, Quad Core, Chache dan lain lain. 

Kamu bisa menonton video tips jitu berikut ini untuk memahami istilah-istilah dalam dunia komputer atau laptop.


Tonton video diatas dari awal sampai selesai ya, supaya paham. Jika perlu di catat dan di ulangi supaya lebih paham. Sayang jika Kamu salah beli laptop, karena laptop bukan barang murah untuk sebagian orang. 

Saran tips jitu, untuk pemula sebaiknya Kamu memilih laptop dengan spesifikasi sedang. Dual core sampai quad core sudah mumpuni untuk pemula, jika ternyata dalam setahun kebutuhanmu tidak terpenuhi, maka sebaiknya Kamu tukar tambah laptopmu dengan spesifikasi yang sesuai. Maka dari itu, memahami spesifikasi laptop sangatlah penting. 

Pilihlah Toko Terpercaya 

 Memilih toko terpercaya sebelum membeli laptop sangatlah penting. Mengapa? Toko-toko terpercaya biasanya akan memberikan pelayanan terbaik, jika Kamu bertanya mereka akan memberikan solusi dan jawaban terbaik bukan mengarahkanmu membeli satu tipe laptop tertentu. Ketika laptopmu ternyata bermasalah, toko-toko terpercaya akan membantu memberikan solusi dengan cepat,  ramah dan tepat. Maka dari itu, sebaiknya Kamu mengetahui toko-toko mana saja yang terpercaya dikotamu. 

Pilih Intel Atau AMD? 

Pertanyaan klasik yang agak sulit dijawab yaitu pilih Intel atau AMD. Sebenarnya jenis posesor tidak terlalu penting menurut tips jitu, yang terpenting adalah spesifikasi prosesor tersebut. Kenapa demikian? Katanya prosesor AMD cepat panas? Benarkah demikian? Sebenarnya prosesor Intel juga ada seri yang cepat panas kok...  Dan rata-rata prosesor AMD yang sekarang justru lebih dingin daripada Intel. 

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini. 


Dalam video di atas membahas tentang mitos dan fakta dunia laptop dan komputer. Salah satunya adalah apakah AMD cepat panas? 

Tonton videonya sampai selesai ya... Supaya tidak salah paham dan gagal paham.

Sesuaikan Dana dan Kebutuhan

Tips terakhir adalah menyesuaikan dana dan kebutuhan terhadap laptopmu. Jangan sampai Kamu memaksakan diri membeli laptop yang terlalu mahal untukmu, dan ternyata kebutuhanmu jauh dibawah spesifikasi laptop tersebut. Maka dari itu, ajaklah saudara atau teman yang dapat memberi masukan dan menegurmu saat Kamu akan memilih laptop yang tidak sesuai kebutuhanmu, terlebih terlalu mahal dan tidak sesuai alokasi dana/budget.

Sekian dulu tips dalam membeli laptop untuk pemula/first buyer. Semoga bermanfaat, silahkan share artikel/info ini pada saudara dan teman-temanmu, siapa tau mereka sangat membutuhkan. Terimakasih...

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Laptop untuk Pemula"