Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu Memilih HP Baru untuk Mahasiswa dan Pekerja

Hallo sobat Tips Jitu dimanapun sobat berada, kali ini mas Bagus akan berbagi tips jitu untuk memilih HP baru yang cocok buatmu, baik itu untuk pelajaran, mahasiswa, pekerja dan gamers,. Teman-teman perlu baca artikel kali ini sampai selesai, karena duitmu sangat berarti, jadi jangan sampai salah pilih, terus rusak, susah ngurusin garansi dll, semoga tidak kejadian, karena admin pernah ngalamin sih 😆.


1. Budget/ Dana/ Anggaran

Tentu saja hal pertama yang jadi perhatian dan pertimbangan kita adalah dana/anggaran atau budget untuk membeli HP baru, misalnya sobat mau beli HP baru dengan harga 1jutaan merek Vivo, Teman-teman bisa KLIK DISINI. Saran aja dari admin, jangan terlalu memaksakan diri dan terburu-buru dalam menentukan pilihan., Misalnya anggaran kita HP baru dengan budget 1,5juta, ya jangan memaksakan diri untuk beli yang harga 3jutaan, terlalu jauh selisihnya, kecuali klo memang anggarannya atau duitnya cukup. Terlebih untuk mahasiswa ataupun pekerja, anggaran sangat berpengaruh pada penentuan pilihan handphone baru.

Perlu kita ingan HP fungsi utamanya adalah untuk berkomunikasi, bahkan sebenarnya dengan budget dibawah 1juta juga ada HP yang bisa teman-teman miliki. Oke, lanjut ke Point kedua. 

2. Spesifikasi

Setelah teman-teman menentukan budget atau anggaran, yang kedua sebaiknya teman-teman perlu menentukan spesifikasi untuk HP baru yang akan kita beli. Misalnya minimal RAM 3GB atau minimal ROM 128GB, karena kebutuhan tiap orang beda-beda. Misalnya juga ada yang suka foto selfie, jadi pengennya HP baru dengan kamera depan yang bagus dengan berbagai fitur tambahan yang sudah include dalam camera tanpa perlu download aplikasi lagi, dst.
 
Saya misalnya, membeli HP dengan spesifikasi berdasarkan kebutuhan saya untuk Konten Kreator, yang terpenting adalah RAM besar, Memori Besar dan Camera Video yang Cukup baik. Masalah GPU atau spesifikasi lain tidak terlalu saya pikirkan, yang terpenting kebutuhan saya untuk Handphone terpenuhi dengan budget yang ada. 

3. Kebutuhan

Nah ini dia yang sulit untuk dipastikan atau dibedakan, kebutuhan dan keinginan. Jika teman-teman mengacu pada keinginan makan spesifikasi yang akan teman-teman inginkan bisa jadi mubazir atau mungkin kurang sesuai dengan kebutuhan. Mahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan mu. Maka dari itu ada baiknya teman-teman memahami tiap spesifikasi atau istilah-istilah dalam gadget/ handphone. 

Untuk lebih memahami spesifikasi dan fungsinya, ada baiknya teman-teman membaca artikel-artikel tentang spesifikasi handphone diweb ini ataupun diweb lain.

4. Fitur Andalan

Tiap handphone yang dikeluarkan pabrik mempunyai target market dan spesifikasi atau fitur andalan. Ada handphone yang punya fitur andalan camera selfie, ada yang punya fitur andalan prosesor gaming, ada yang punya fitur andalan layar yang bisa ditekuk-tekuk dilipat-lipat, ada yang punya fitur andalan tahan banting tahan air tahan dingin dll. 

Jangan berharap teman-teman dapat semua fitur dalam satu handphone, karena itu mustahil untuk saat ini 😆. 

Teman-teman tentukan saja salah satu atau salah dia dari fitur andalan tersebut diatas, supaya tidak salah pilih.

5. Garansi

 Garansi adalah satu yang terpenting dalam membeli sebuah handphone. Di Indonesia terkenal ada dua garansi yakni garansi toko/ garansi distributor, dan garansi resmi., mungkin bisa digolongkan 3 garansi malah, toko, distributor dan resmi.

 Harap dipertimbangkan garansi ini, biasanya garansi distributor agak lama klaimnya, karena biasanya harus dikirim kedistributor terbesar/ pusatnya., Berbeda dengan garansi toko dan resmi, jika garansi toko teman-teman urusannya langsung dengan toko tempat beli, jika garansi resmi teman-teman bisa klaim ditempat tertentu yang biasanya tertera didalam kartu garansi, alamat dan nomor teleponnya pun biasanya lengkap.

6. Merek

Kenapa Merek ditaroh nomer 6? Merek itu bukan yang utama, yang lebih penting dari merek sudah saya urutkan dari nomor 1-5. Sudah banyak terjadi, merek baru bisa bersaing didunia handphone karena memang kualitasnya bagus, pelayanan garansinya juga bagus, dan sesuai dengan pangsa market Indonesia. Jadi,  buat kamu yang masih menganggap merek adalah yang pertama, sebaiknya teman-teman pikiran kembali kepada kebutuhan dan fitur yang akan didapatkan beserta kesesuaiannya dengan anggaranmu 😃.

7. Purna Jual

Purna jual ini meliputi garansi, harga jual kembali, servis, asesoris dan yang berkaitan setelah handphone menjadi milik kita "versi saya lho" 😆.

Posting Komentar untuk "Tips Jitu Memilih HP Baru untuk Mahasiswa dan Pekerja"