Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu Memilih dan Membeli HP/Smartphone Second atau Bekas

 

Tips Jitu Memilih dan Membeli HP/Smartphone Second atau Bekas, yang mudah-mudahan bermanfaat. Banyak orang lebih suka membeli smartphone bekas daripada yang baru. Harganya jauh lebih murah,  jadi Anda bisa menebak alasannya. Tapi sobat tips jitu, membeli smartphone bekas seperti melemparkan koin dan tebak-tebakan. Ya, kita tidak tahu persis apa yang dilakukan smartphone yang akan kita beli. Kelihatannya halus mulus tapi Anda tidak tahu apa yang ada di dalamnya, bukan? Siapa tau dalamnya sudah pernah rusak dan diperbaiki/ servis, sedangkan bisanya kalau hp servisan tidak awet.

tips memilih hp second


Berikut laporan pengujian kami tentang tips jitu membeli smartphone second yang berkualitas agar tidak menyesal karena membeli yang salah. Tapi apakah Anda yakin dengan smartphone favorit Anda? Di tahun 2021, kami juga akan menjelaskan cara memilih smartphone yang tepat.

Tips Jitu Memilih dan Membeli Smartphone Bekas

 Temukan Barang Masih Bergaransi

Tips jitu pertama, belilah HP/ smartphone bekas bergaransi atau masih bergaransi resmi. Carilah barang yang masih bergaransi, dan jika memungkinkan, carilah barang yang bergaransi lama dan baru dipakai beberapa bulan. Jika sangat sulit menemukan HP target yang masih dalam masa garansi, setidaknya carilah smartphone yang baru saja expired. Dengan kata lain, itu bukan smartphone yang telah digunakan selama 10 tahun.

Tips Membeli HP Second Berkualitas


Beli HP "Inventory lama"

Tips jitu selanjutnya membeli smartphone bekas inventori lama atau stok lama, tetapi masih garansi resmi atau setidaknya belum buka segel. Artinya belum buka segel hp tersebut belum pernah diservis/rusak. Anda bisa mencarinya misalkan di forum jual beli Kaskus yang memiliki banyak penjual yang menawarkan barang stok lama, biasanya tidak bergaransi, tetapi biasanya model smartphone flagship tipe lama sebelumnya harganya mahal. Ini tidak dijamin dan disarankan untuk menggunakan sistem cash on delivery untuk transaksi pilihan Anda. Periksa statusnya sehingga Anda dapat memastikan bahwa semua fungsi ponsel cerdas Anda normal. Harga persediaan stok / inventory lama secara signifikan lebih murah daripada harga baru dan mungkin sama dengan harga seken.

Beli barang BNOB

Tips jitu membeli smartphone/ hp Android bekasselanjutnya adalah beli barang BNOB. Apa itu BNOB? BNOB adalah singkatan dari Brand New Open Box atau Neuware, tetapi kotaknya sudah terbuka. Misalnya, cari saja artikel BNOB diforum jual beli Kaskus melalui iklan baris online, cari "BNOB" dan pilih kategori smartphone. Biasanya produk BNOB, jauh lebih murah daripada yang baru, tetapi sedikit lebih mahal daripada yang bekas. Yang harus Anda cari adalah memastikan barang tersebut bergaransi resmi. Temukan produk BNOB dari penjual yang membeli produk yang salah dan jual kembali dengan harga murah.

 

Harga yang normal

 Siapa  yang tidak suka dengan harga murah dari smartphone yang Anda coba beli? Biasanya semua smartphone bekas memiliki patokan harga bekas, namun hati-hati jika harga tersebut  jauh dari harga patokan. Harga di bawah rata-rata karena KW alias di smartphone Anda mungkin palsu atau  rusak parah.

 

Perhatikan keterbaruan spesifikasi.

 Sebelum masuk ke topik, mari kita mulai dengan beberapa tips memilih smartphone yang tepat di akhir tahun 2021. Spesifikasi smartphone semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tentunya Anda menginginkan smartphone yang tahan lama dan akan memenuhi kebutuhan Anda dalam  waktu yang lama.

 Di tahun 2021, kami merekomendasikan untuk mencari smartphone Android dengan RAM minimal 3GB. RAM 2GB dijamin kosong. Memori internal harus 32 GB, meskipun 16 GB. Pastikan smartphone Anda memiliki slot microSD.

 Ukuran layar terserah Anda, tetapi resolusinya setidaknya 720p atau 1080p untuk kenyamanan. Chipset yang Anda gunakan juga harus diperhitungkan, apakah itu kelas atas atau kelas menengah, atau tidak terlalu tua.

 Hal penting lainnya adalah dukungan untuk pembaruan sistem operasi. Jika memungkinkan, carilah smartphone yang menjanjikan update Android 7.0 Nougat. Atau setidaknya  Android 6.0 Marshamallow sudah berjalan.

 

hp seken murah meriah

Pilih sistem transaksi yang aman

Tips membeli smartphone bekas, COD lebih aman.

 Akun bersama menjadikan belanja online tanpa batasan area lebih aman dan nyaman, memungkinkan Anda berbisnis dengan penjual di seluruh Indonesia. Tentu pilihan produknya lebih beragam. Namun, jika Anda khawatir dengan kondisi produk, silakan pilih  sistem cash on delivery (cash on delivery). Anda bisa membuat janji bertemu untuk memastikan lokasi yang Anda pilih aman. Pilih saja restoran tertentu, bukan pinggir jalan. Jika Anda belum berpengalaman, undang teman yang sudah tahu untuk membantu Anda meninjau produk Anda.

Menjadi "pembeli yang cerdas"

Tips Membeli HP seken Buyer Cerdas

Kami menekankan bahwa setiap orang yang ingin membeli HP Android bekas harus menjadi pembelanja yang cerdas. Biasanya penjual yang ingin menjual barang tersebut harus menjelaskan barang tersebut sejelas mungkin. Oleh karena itu, Anda juga perlu membaca dengan seksama. Tanyakan hal-hal yang tidak dijelaskan, dan jangan tanyakan hal-hal yang tidak penting atau tidak dijelaskan oleh penjual.

 

Silakan periksa kondisi fisik hp secound Anda 

 Tentu yang pertama kali harus diperhatikan adalah tampilannya. Pastikan casing smartphone Anda terlihat mulus dan sesuai dengan petunjuk penjual. Jika Anda menemukan gelembung atau gumpalan, meskipun halus, jangan terima dan batalkan jika perlu. Periksa integritas dan semua fitur Tips membeli HP Android bekas Cek Integritas

tips membeli hp seken berkualitas


 Selanjutnya cek keutuhan dan pastikan sesuai dengan petunjuk penjual. Periksa IMEI di ponsel dan kotak Anda sebelum melakukan penyesuaian apa pun.

Pastikan  aksesori asli lengkap. 

Kondisi fisik yang harus diperiksa adalah:

 Periksa tombol home, tombol power, dan tombol volume bawah. Pastikan masih lembut dan berfungsi dengan baik tanpa ada keanehan. Pasalnya, komponen tersebut diketahui cepat rusak.

 

 Periksa keandalan earphone.

Pastikan  earphone Anda asli dan simpan dengan benar untuk menjaga harganya, meskipun Anda tidak perlu menggunakannya. Lain kali Anda mungkin ingin meningkatkan ke versi yang lebih tinggi. Periksa adaptor pengisi daya dan kabel USB untuk memastikan keduanya berfungsi dan tidak longgar. Periksa jack audio untuk memastikan tidak ada gangguan. Uji speaker dan mikrofon untuk memastikan output audio normal dan tidak terputus. Jika rusak, mungkin terkena  atau terendam air.

 

Pastikan semua fitur berfungsi

Tips membeli Android Second

Lebih penting lagi bahwa semua fitur ponsel cerdas Anda berfungsi dengan baik karena dengan hp zaman sekarang banyak sekali fitur dan aplikasi. Pastikan semuanya normal. Pakailah untuk test menelpon, browsing internet dan menonton video. Lakukan beberapa hal dibawah ini.

Inilah yang perlu Anda periksa:

 Periksa respons keseluruhan layar untuk memastikan semua fitur layar sentuh berfungsi. Atas ke bawah, kanan ke kiri di pojok layar. Juga, coba sensor rotasi (akselerometer). Ini bekerja dengan baik. Periksa sensor cahaya sekitar . Sensor ini menggelapkan layar ponsel Anda saat gelap atau Anda sedang menelepon.

 Periksa konektivitas untuk jaringan seluler, WiFi, Bluetooth, GPS, dan lainnya. Cukup masukkan kartu SIM dan kartu microSD. Periksa kamera , optimalkan kamera,  ambil gambar dengan  atau tanpa flash dan lihat hasilnya. Cek juga aplikasinya, gpsnya berfungsi atau tidak, sinyalnya normal atau timbul tenggelam dll.

 

Reset pabrik pada awal

 Kiat untuk membeli perangkat Android seken selanjutnya adalah melakukan reset pabrik.

 Anda perlu melakukan reset pabrik tidak hanya untuk jumlah yang awalnya dibayarkan, tetapi juga saat Anda pertama kali menerima ponsel cerdas Anda. Ini karena OS Android Lollipop memiliki fitur yang disebut dengan factory reset protection.

 Kata sandi yang  dibuat oleh pengguna lama diperlukan untuk melakukan reset pabrik yang tidak dilakukan dari menu pengaturan proteksi. Jika Anda memaksa reset, Anda tidak akan dapat menggunakan ponsel cerdas Anda sampai Anda mengonfirmasi ulang kepemilikan dengan akun Google yang sebelumnya Anda gunakan di ponsel cerdas Anda. Belilah hp second yang aman baik EMEI maupun akun google dan akun handphonenya, misal Xiomi memiliki akun mi, Vivo memiliki akun V-appstore, dll.

 

Itulah kumpulan tips jitu untuk membeli smartphone Android bekas  berkualitas tinggi dan fungsional. Kami berharap tips jitu ini akan membantu mereka yang  ingin beralih smartphone dan memperhatikan. Jika Anda memiliki tambahan, silakan kirim pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.

Posting Komentar untuk " Tips Jitu Memilih dan Membeli HP/Smartphone Second atau Bekas"