Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Pengertian dan Jenis-jenis Keyword

Mengenal Pengertian dan Jenis-jenis Keyword merupakan suatu hal yang wajib untuk seorang blogger / pembangun website kita ingin lebih serius dalam mengembangkan websitenya. Baik itu website untuk tujuan Adsense, komersil maupun tujuan lainnya. Tipsjitu melihat artike-artikel sebelum ini yang membahas pengertian dan jenis-jenis keyword membuat pembaca bingung dalam klasifikasinya, strukturnya amburadul. Untuk itu, tipsjitu.com hadir untuk mempermudah Kamu memahami pengertian dan jenis-jenis keyword tanpa ribet dan pastinya akan mudah diingat. 

 

Mengenal Pengertian dan Jenis-jenis Keyword

Pengertian Keyword | Apa itu Keyword 

Keyword menurut artinya adalah kata kunci. Kata kunci yang dimaksud disini adalah pada penelusuran google. Setiap orang yang mencari informasi melalui google atau search engine lain pasti mengetik kata-kata sesui keinginan Mereka. Itulah yang menjadi landasan search engine menentukan volume pencarian, tingkatan kompetitor bahkan harga ads untuk sebuah keyword. 

Pengertian apa itu keyword secara mudahnya adalah "kata-kata yang search engine rekam berdasarkan pencarian manusia". Kata-kata tersebut bisa saja panjang,  pendek,  umum,  khusus, spesifik bahkan unik. Karena, setiap manusia memiliki pemikiran yang berbeda sebelum mengetikkan kata-kata ke search engine,  walaupun keinginan mereka sama.

Oleh sebab itulah, ada keyword yang volume pencariannya besar, sedang dan kecil. Semua itu berdasarkan rata-rata manusia yang mengetikkan kata-kata pada search engine. Semua search engine,  baik Google,  Bing,  Yandex, Baidu dll,  memiliki algoritma dan memori untuk menghitung, menganalisa bahkan menyarankan keyword berdasarkan pencarian real manusia. Itulah pengertian dari keyword atau kata kunci. 

Baiklah semoga paham,  kalau belum paham silahkan bertanya pada kolom komentar. Oke lanjut ya ke jenis-jenis keyword. Seperti yang Saya sampaikan di Atas, Tipsjitu akan mempermudah dalam klasifikasi keyword. Untuk itu,  tipsjitu.com telah mengklasifikasikan jenis-jenis keyword menjadi 3 kelompok besar.

Jenis-jenis Keyword berdasarkan Waktu, Tujuan dan Sifatnya 

  • Jenis Keyword yang Pertama adalah Keyword Berdasarkan Waktu.

Keyword ini terbagi menjadi 2 yaitu,

a. Keyword abadi

Keyword abadi sering juga disebut dengan evergreen keyword, Maksudnya adalah keyword yang selalu ada orang yang mencarinya.

b. Keyword musiman.

Sedangkan keyword musiman biasanya tranding atau viral pada saat-saat atau waktu tertentu. Misalkan keeyword tentang promo mobil suzuki akhir tahun 2020, akan banyak yang mencarinya saat ini,  namun bulan depan sudah tidak relevan lagi.

  • Jenis Keyword yang kedua adalah Keyword Berdasarkan Tujuan

Secara garis besar Keyword memiliki 4 tujuan utama yaitu:

a. Keyword informasi.

Keyword ini hanyalah memberikan info tentang sesuatu. Tips-tips kesehatan,  tips kecantikan dan tips-tips lainnya termasuk jenis keyword informasi. 

b. Keyword soft selling.

Sebenarnya keyword ini sama dengan keyword informasi, akan tetapi 'dibumbui' dengan ajakan membeli / memakai jasa secara halus. Dalam dunia marketing disebut dengan soft selling.

 c. Selling Keyword / Kata Kunci untuk Jualan.

Keyword jenis ini benar-benar bertujuan untuk menjual barang atau jasa. Karena tujuannya menjual sesuatu, makanya akan secara terang-terangan menyebutkan kata-kata untuk jual beli. Biasanya diikuti dengan kata-kata jual,  menjual, murah,  termurah,  promo dll. 

d. Keyword Navigasi atau Mengarahkan.

Keyword ini sebenarnya mirip dengan keyword informasi, namun memiliki tujuan yang lebih mendalam yaitu mengarahkan pembaca. Mengarahkan yang dimaksud yaitu mengarahkan pembaca artikel untuk mengunjungi kembali situs website tertentu atau minimal mengingat nama situs website tertentu.

  • Jenis keyword ketiga adalah berdasarkan sifatnya yaitu., keyword umum dan keyword spesifik

a. Keyword umum biasa disebut juga short tail keyword, sedangkan keyword spesifik biasa disebut dengan long tail keyword. 

b. Long tail keyword dapat lebih spesifik lagi mengacu pada daerah tertentu yang biasa disebut dengan keyword lokal.



Posting Komentar untuk "Mengenal Pengertian dan Jenis-jenis Keyword "